Sabtu, 27 Februari 2016

Santri Ponpes Karangasem dapat Motivasi dari Penulis Buku Man Jadda Wajada

...man jadda wajada! man jadda wajadaman jadda wajada!
TERIAKKAN Akbar Zainuddin -penulis buku Man Jadda Wajada-itu sontak  diikuti ribuan santri Pondok Pesantren Karangasem, Paciran, Lamongan. Minggu (17/1/2016) malam itu di aula KH Abdul Rahman Syamsuri, kompleks pondok pesantren, Akbar Zainuddin dihadirkan untuk memotivasi para santri.
Tak sekadar memotivasi, Akbar juga berbagi kiat menjalani hidup sesuai passion. Luar biasa, malam kian larut, namun para santri tak terlihat mengantuk.
Man jadda wajada bisa diartikan siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil- seolah mantra dalam kehidupan Akbar Zainudin. Seperti diakuinya, kata sakti itulah yang berperan mengubah hidupnya menjadi seperti sekarang ini.
Berbagi pengalaman sebagai mantan santri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Akbar berhasil membius ribuan santri Ponpes Karangasem, Paciran, Lamongan.
“Mulai hari ini bangun pagi tidak ada yang cemberut,” pinta Akbar, usai meneriakkan man jadda wajada.
“Kalau ingin jadi orang tangguh hindarkan sikap mengeluh. Setiap mengawali sesuatu katakan man jadda wajada, karena bila kalian memulai sesuatu dengan semangat semuanya menjadi begitu semangat untuk dijalani,” tambahnya.
Menjadi santri, kata Akbar, adalah jalan masuk menjadi orang hebat karena santri ditempa disiplin serta padatnya kegiatan dan tak ada orang hebat tanpa disiplin dan kesibukan.
Kerja keras dan disiplin menjadi kata kunci yang ditekankan Akbar dalam memotivasi santri. Ia juga mengingatkan, bila semangat santri mulai mengendur, agar tak lupa jurus man jadda wajada ini.
Akbar mencontohkan, kesuksesannya menjadi penulis tak diperoleh secara instan. Sejak menjadi santri ia rajin menulis. Hampir setiap hari ia memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk menulis di tengah padatnya kegiatan di asrama.  Akbar kembali mengingatkan agar santri menambahkan dua hal ini, disiplin dan kerja keras, untuk memulai kebiasaan menulis.
Di setiap jeda Akbar memutarkan video yang menggambarkan semangat  dan kesuksesan orang-orang  yang meski memiliki keterbatasan dalam hidup.
Menjelang akhir acara santri yang hadir diajak berani mengutarakan mimpi-mimpinya di depan teman-temannya. Kuncinya adalah mimpi, dan untuk mewujudkan mimpi itu ada disiplin dan kerja keras, serta man jadda wajada!

OLEH : AGUS BUCHORI
Guru Seni dan Budaya SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran Lamongan​​​​​​   
agusbuchori@gmail.com
sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2016/01/19/agar-mantra-man-jadda-wajada-menggedor-tambahkan-dua-hal-ini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar