Visi :"Mewujudkan insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual dan Moral"

Dauroh Tahfizh

Kegiatan Ma'had

Pelatihan membaca cepat (speed reading) yang sangat gencar akan diterapkan di kalangan siswa, kini akan diujicobakan kepada guru Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran. Pesertanya dari semua lembaga pendidikan, yang berminat dan tertarik mengikutinya saja. Kemarin (Sabtu, 02/06/2018). Dihadiri sekitar 60 orang guru laki-laki dan perempuan.

Terlihat semua peserta antusias dan serius mendengarkan instruksi dari sang Tutor, Ust. Toha Mahsun. Beberapa diantara mereka, mencatat dan menanyakan kemungkinan keberhasilan metode tersebut, yang dirasa masih belum masuk akal, menurut para guru.

"Yang penting, nurut dan sabar, itulah kuncinya," kata Ust. Toha Mahsun yang merupakan alumni Pondok Pesantren Karangasem Paciran. "Nurut ketika diperintah dan sabar dalam belajar," imbuhnya. 

Ia menjelaskan, kalau yang bekerja otak kiri saja maka tidak akan mampu membaca secara cepat dalam beberapa menit, tapi kita akan aktifkan otak kanan, yang mampu lebih cepat dalam memotret teks layaknya gambar. "Langsung, lep, lep, lep,..," jelasnya.

Setelah beberapa kali uji coba, semua peserta mengikuti arahan dan petunjuk dari Ust. Toha Mahsun. Sedikit demi sedikit, peserta sudah mulai memahami metode tersebut. Akhir acara, peserta ditest dengan membaca sekitar 5 menit, harus mencapai 150 halaman. Kemudian menjelaskan satu persatu di depan acara.

"Alhamdulillah mayoritas berhasil, walaupun baru sekali ini pelatihannya sudah banyak yang bisa. Meski keberhasilannya juga berbeda-beda, ada yang 90 persen, ada yang 70 persen, atau ada yang 50%, bahkan ada yang belum bisa. Tapi jangan khawatir, sekali lagi kuncinya adalah sabar, diuji berulang-ulang di rumah, insya Allah bisa seratus persen. Yakin. Yakin. Yakin." pungkasnya.









| Designed by Colorlib