Langsung ke konten utama

Pembentukan Media Online OPPK


Alhamdulillah, kemarin, Kamis, 6 Maret 2014. Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Karangasem Departemen Informasi dan Komunikasi yang bekerja sama dengan Biro Media dan Komunikasi mengadakan pelatihan membuat berita, yang bertempat di Aula KH. Abd. Rahman Syamsuri.

Pada pelatihan kali ini, sebagai nara sumber Bpk. Ali Efendi, M.Pd, menjelaskan bahwa berita, yang dalam bahasa Inggris, artinya NEWS, adalah gabungan dari beberapa kata North, East, West dan South. Utara Timur Barat dan Selatan, artinya berita itu datangnya dari berrbagai arah. Tidak mungkin seorang wartawan (percari warta/berita) tinggal duduk diam kemudian dapat berita, intinya harus bekerja dan berusaha mencari  sebuah berita.



Peserta pelatihan ini, terdiri dari 3 santriwati dari Dept. Infokom, yang dikoordinatori oleh Ekan Nur Jannah  dan 5 santriwati dari Biro Menko, yang dikomandani oleh Lilis Nur Faizatul Laila. Mereka berencana membagi wilayah/ region, untuk pencarian sebuah berita, ada yang ditugasi di lembaga SMP, SMA, MTs, MA, SMK, MI, TK, STAIM dan Pondok, mengingat jumlah lembaga di pondok ini sangat banyak sehingga memungkin mereka untuk mencari berita yang aktual dan bermacam-macam.

Follow up dalam pelatihan itu. Adalah berita yang didapatkan dari anak-anak akan dimasukkan dalam web karangasem, tentunya setelah mengalami koreksi dari pembinanya, Bpk. Ali Efendi, M.Pd. "Sebenarnya dalam pembuatan majalah baik cetak maupun online adalah mudah, hanya saja bagian tersulitnya adalah mengisi beritanya. Ini adalah tantangan tersendiri bagi anak-anak, jika berita itu dibaca oleh orang-orang, maka akan mendapatkan kepuasan tersendiri bagi penulisnya," demikian salah satu penjelasan nara sumber kepada anak-anak.





Postingan populer dari blog ini

Sejarah Nama Karangasem

Meskipun Pondok Pesantren Karangasem telah dikenal oleh banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri, namun tidak banyak yang tahu mengenai asal usul nama Pondok yang kini telah berusia 60 tahun itu. Bahkan masih banyak yang salah kaprah. Pondok yang didirikan oleh Al marhum KH. Abdurrahman Syamsuri (Yiman) sejak tanggal 18 Oktober 1948 ini memiliki nama "Karangasem". Nama Pondok ini memang unik tidak seperti pondok-pondok kebanyakan, yang menggunakan nama tertentu kemudian di bahasa Arab-kan, Misalnya Pondok Al Mu'min. Al Athfal dan lain-lain.

Lirik Mars Karangasem

Berjuang terus pelajar karangasem,
Teguhkanlah ruh keimananan,
Bina diri agama dan negara,
Insaf dan penuh ketekunan,

Pembukaan Dauroh Tahfizh Angkatan IV 2017