Jumat, 06 Februari 2015

Menumbuhkan Kreatifitas Siswa SMAM 6 Paciran Lewat Pameran Seni Rupa

Rabu, 4 Februari 2015. Pameran Seni Rupa Siswa SMA Muhammadiyah 6 Karangasem Paciran, dengan mengusung tema "Apresisasi Karya Cipta Kelas X MIA 1 dan X MIA 2" berjalan dengan sukses dan lancar.

Salah satu siswa memerkan hasil karya kelompoknya
Kali ini, Siswa SMA Muhammadiyah 6 Kelas X MIA 1 dan MIA 2 mampu memamerkan hasil karyanya dengan beberapa bahan yang sederhana, yakni Stick Ice Cream, koran bekas, batok kelapa, dan lain sebagainya. Dengan dipandu dan dibimbing oleh Bpak Bahid Arofat, SE, mereka akhirnya mampu membuat karya 2 Dimensi dan 3 Dimensi, yang berbentuk seperti  Pesawat Terbang, Perahu, Sandal, Gantungan Kunci, dan lain sebagainya. Pameran yang dilaksanakan di halaman SMA Muhammadiyah 6 Paciran, berlangsung sukses dan menarikan pengunjung siswa dan guru untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini adalah bentuk pelaksanaan praktik pelajaran Seni Budaya Kelas X, pemeran ini dilaksanakan oleh kelas X MIA 1 dan X MIA 2 pada hari Rabu - Kamis tanggal 04-05 Februari 2015 dan diikuti sejumlah 28 siswa dan 34 siswi.

 


Prosesnya, satu minggu sebelum kegiatan ini dilaksanakan, anak – anak kelas X MIA 1 sudah mempersiapkan perencanaannya dengan metode yang telah mereka pelajari pada saat KBM, yaitu bagaimana cara mempersiapkan penyelenggaraan pameran Seni Rupa.

Langkahnya, pada tahap awal, siswa membuat karya ciptanya masing-masing (karya bebas sesuai dengan kompetensi yang diajarkan yaitu membuat/ mencipta karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi ).Tahap kedua, membentuk struktur kepanitiaan Pameran Seni Rupa dan menjelaskan tugasnya masing masing serta memilih lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan pameran.

Sedangkan tahap ketiga, merupakan persiapan seluruh apa-apa yang akan digunakan dalam pameran dan mengevaluasi semua karya yang telah dibuat, dan tak lupa pula seksi publikasi untuk menempelkan spanduk-spanduk untuk menginformasikan kepada seluruh warga Ponpes Karangasem guna menyaksikan Pameran. Dan tahap yang terakhir adalah tahap pelaksanaan, pada hari Rabu siswa kelas X MIA 1 menyelenggarakan pameran di Halaman SMAM 6 Pacira.

Kegiatan ini sangatlah menarik, dengan berbagai macam karya seperti pesawat dari stick ice cream yang bagus dan ulet, perahu stick ice cream yang hampir menyerupai perahu aslinya, sandal dari kertas koran bekas, serta gantungan kunci dari batok kelapa dan masih banyak lainnya. Dengan dekorasi tata ruang yang dinamis pengunjung sangat menikmati karya karya yang diciptakan anak-anak kelas X MIA 1.

Pada pintu masuk bagian administrasi mempersiapkan kertas saran dan kritik untuk setiap pengunjung, diharapkan nanti pada saat didalam lokasi pameran pengunjung memberikan saran dan kritik yang membangun kepada karya karya yang dibuat oleh kelas X MIA 1 sehingga hal tersebut dapat memberikan acuan, gambaran dan motivasi untuk memperbaiki hasil karya dan kreatifitas masing masing siswa.


Meskipun cuaca pada hari itu sangat terik, anak-anak kelas X MIA 1 tetap semangat karena mereka harus melayani para pengunjung ( perlu diketahui pengunjungnya bukan anak SMA saja tapi dari berbagai lembaga, ada yang dari MTs, SMP dan MA Putra dan Putri ). Dari daftar pengunjung yang tertulis mencapai 113 pengunjung sungguh diluar dugaan, karena pada perencanaan kami hanya menargetkan 50 pengunjung saja.

Sekitar jam 10.30 kami secara resmi menutup pameran karya seni rupa. Bapak Bahid Arofat, SE selaku pembimbing pameran tersebut, menjelaskan bahwa acara pameran ini bisa dikatakan “berhasil” karena acaranya meriah dan anak-anak juga antusias/kompak sekali.

BRAVO..! SMAM 6 Karangasem Paciran









 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar