Sabtu, 14 Februari 2015

Menanamkan Minat Jurnalistik, Siswa MAM 1 Paciran Melakukan Kunjungan ke Jawa Pos

Acara Presentasi Profil Company Jawa Pos Group
Setelah selesai melakukan Pelatihan Jurnalistik. Kali ini Pimpinan Ranting IPM MA Muhammadiyah 1 Paciran, telah melakukan kunjungan ke Kantor Graha Pena Jawa Pos Surabaya, dalam rangka mengembangkan bakat Jurnalistik, pada hari Jum'at, 14 Februari, 2015.

Kunjungan yang diikuti oleh 72 siswa dan didampingi 6 guru, berjalan sukses dan lancar. Melihat pertanyaan begitu banyak diajukan oleh siswa pada saat presentasi tentang Profil Company Jawa Pos Group, hal ini membuktikan bahwa peserta begitu antusias dalam masalah ilmu jurnalistik.

Mulai dari beragam pertanyaan :  Bagaimana memenej perusahaan Jawa Pos yang memiliki banyak wartawan, membentang dari Sabang sampai Merauke. Mengenai kendala-kendala, serta kiat-kiat koran harian itu bisa tetap eksis dan terbit setiap hari. Ada juga yang bertanya tentang,   prestasi Jawa Pos yang mampu Go Internasional, penulisan berita, seleksi berita, sampai kriteria berita yang harus dimuat, setting lay out, dan tahap percetakan. Bahkan ada juga yang sampai bertanya seakan nyleneh, seperti : Apa fungsi patung-patung manusia, yang duduk-duduk di atas ruang redaksi ini? Seluruh ruang tertawa setelah pertanyaan itu diajukan.


Setelah beberapa seksi pertanyaan dari siswa, mengingat waktunya terbatas. Rombongan tiba di sana, tepat pukul 13.20 dan berakhir pukul 15.45. Pertanyaan terakhir ditutup oleh Ibu Nur Hidayati, bagaimana tips-tips atau rekomendasi untuk membentuk sebuah team buletin?
Pemberian kenang-kenangan oleh Kepala MAM 1
 Mendengar jawaban dari tutor, yang begitu jelas dan gamblang. Pengurus PR IPM MAM 1 kali ini yakin, dan berharap setelah adanya kunjungan ini, peserta mampu mewujudkan Follow Up berupa tindak lanjut yang nyata, baik itu berupa buletin atau majalah.

Akhirnya peserta puas sekali dengan kegiatan tersebut. Dan alhamdulillah perjalanan acaranya sukses dan lancar.
Usai kegiatan presentasi, peserta berpose di depan Gedung Stasiun JTV

Peserta berpose di Gedung DBL Arena

1 komentar:

  1. tersedia guru dalam jumlah amat banyak (Karangasem tutor). Ulasan nyata dan harga tepat. Pilih tutor sekarang, guru privat bahasa asing https://preply.com/id/Karangasem/guru

    BalasHapus