Langsung ke konten utama

Kubah Al Manar Berganti Warna


Masjid al Manar Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan, kini mulai berbenah, berhias diri. Kubah yang sebelumnya berwana biru tua, sekarang dihias warna kuning keemasan.

Masjid yang diketuai oleh Umar Fadloli, M.Pd (selaku Ta'mir Masjid periode 2012-2015), sekarang berbeda dengan dulu. Lantai masjid sekarang dirubah menjadi granit. Mihram tempat berdirinya imam, juga dihiasi kaligrafi, surat al Mukminuun, yang mengingatkan para jama'ah betapa beruntungya orang yang khusyu' dalam sholatnya, dan masih juga banyak pembenahan yang lain.
Perjalanan pembangunan masjid ini dimulai tahun 2007, yang diketuai oleh Drs. KH. Abd. Hakam Mubarok, pada periode ini, memulai pembongkaran atap atau kubah masjid al manar, yang didukung oleh seluruh masyarakat Paciran dan para santri. Pada tahun 2009, kepemimpinan dilanjutkan oleh H. Abd. Madjid Marwan, berfokus pada pengecatan dan pergantian lantai masjid menjadi granit.

Pada masa kepemimpinan sekarang. "Masjid sekarang berfokus pada pengecatan kubah dan pembuatan menara, dengan nilai sekitar 1 milyar rupiah," terang Umar Fadloli selaku takmir masjid sekarang. Beliau sekarang berencana akan mengumpulkan dana, baik dari masyarakat sekitar maupun dari simpatisan lainnya.




Postingan populer dari blog ini

Sejarah Nama Karangasem

Meskipun Pondok Pesantren Karangasem telah dikenal oleh banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri, namun tidak banyak yang tahu mengenai asal usul nama Pondok yang kini telah berusia 60 tahun itu. Bahkan masih banyak yang salah kaprah. Pondok yang didirikan oleh Al marhum KH. Abdurrahman Syamsuri (Yiman) sejak tanggal 18 Oktober 1948 ini memiliki nama "Karangasem". Nama Pondok ini memang unik tidak seperti pondok-pondok kebanyakan, yang menggunakan nama tertentu kemudian di bahasa Arab-kan, Misalnya Pondok Al Mu'min. Al Athfal dan lain-lain.

Lirik Mars Karangasem

Berjuang terus pelajar karangasem,
Teguhkanlah ruh keimananan,
Bina diri agama dan negara,
Insaf dan penuh ketekunan,

Pembukaan Dauroh Tahfizh Angkatan IV 2017