Rabu, 13 Mei 2020

Seminar Cara Menghafal Al-Qur’an - Tabligh Akbar


LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Ribuan Santri Ponpes Karangasem Muhammadiyah Paciran sangat antusias saat Syeih Muhammad Jaber dari Saudi Arabia memberikan seminar cara menghafal Al Quran secara praktis dan tak terlupakan.

Di depan ribuan santri Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan, Syech Jaber memberikan petunjuk praktis khusus cara menghafal Al-Quran.

Mengapa kalian menghafal Al-Quran, itulah pertanyaan yang pertama diberikan Syech Jaber saat memulai pembiacaraannya. Semua harus dimulai dari keikhlasan lillahitaala.

“Sesungguh orang yang mulia adalah belajar Al Quran dan mengamalkannya,” tambahnya sambil menukil salah satu hadits Nabi, Ahad (8/9).

Kemudian ia menggarisbawahi bahwa dengan menghafal Al Quran kita bisa membahagiakan orang tua, karena itulah cara terbaik membalas kebaikan orang tua.

Inilah beberapa petunjuk yang diberikan Syech Muhammad Jaber jika ingin hafalanya awet. Yaitu, jika sudah punya hafalan selalu membacanya dalam shalat, murajaah (mengulang ulang hafalan) setiap hari, dan membaca Al-Quran setiap hari di tengah kesibukan.

Dan di akhir sesi ia menegaskan bahwa barang siapa yang menghafal (menjaga) Al Quran maka sesungguhnya Al Quran juga menjaga orang yang menghafalnya.

Dalam sesi tanya jawab diberikan petunjuk menghafal sebagaimana di Madinah yaitu mulai dari surat Annas. Berurutan dari juz 30 terus ke depan hingga juz 1.

Dikatakan oleh KH Mufti Labib, pengasuh Ponpes Karangasem bahwa Kehadiran Syech Muhammad Jaber ini agar makin memberikan morivasi kepada para santri dalam menghafal dengan meneladani petunjuk ulama dari Madinah ini.

“Kehadiran Syech Muhammad jaber ini juga sekaligus mengambil metode yang pernah ia lakukan saat menghafal,” tambah Ust Fatih, Direktur Tahfidz Ponpes Karangasem Paciran. (Agus Buchori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar