Rabu, 13 Mei 2020

Perdalam Ilmu Jurnalistik, Tim Redaksi Majalah El-Saka Ponpes Karangasem Kunjungi Suara Muhammadiyah

KLIKMU.CO – Agar menambah ilmu jurnalistik dan mengetahui bagaimana awak media cetak memproduksi sebuah karya jurnalistiknya, tim redaksi majalah El-Saka Ponpes Karangasem mengunjungi redaksi Suara Muhamadiyah.

Sebanyak 50 santri yang tergabung dalam keredaksian majalah El-Saka itu disambut langsung oleh Ganjar Sri Husodo selaku sekretaris redaksi Suara Muhammadiyah pada Sabtu pagi (21/12/2019) di meeting room Suara Muhammadiyah, Jl KH A. Dahlan No 107, Yogyakarta.

Program kerja kunjungan redaksi ini merupakan proker bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) Organisasi Pelajar Pondok Karangasem Muhammadiyah (OPPKM) masa juang 2019/2020, atas usulan Thoriq Haidar selaku nakhoda OPPK putra.

Agen perubahan yang menuntut ilmu di Desa Paciran ini sangat antusias dengan materi yang dipaparkan oleh Ganjar yang sudah malang melintang di dunia jurnalistik.

Sebagai bahan diskusi, Ganjar memulai pembicaraan mengenai konten hoaks yang dengan begitu mudahnya tersebar di berbagai platform media sosial. Ia pun menyayangkan bahwa masyarakat Indonesia masih menggemari konten-konten sampah yang minim, bahkan sama sekali tak ada ibrah atau value di dalamnya.

Ia pun menjelaskan pentingnya pembacaan kita terhadap literatur-literatur yang akan memudahkan kita dalam menulis apa pun yang kita inginkan, mulai dari berita, cerpen, hingga novel sekalipun.

“Saya sangat menyayangkan betapa masyarakat kita sangat rentan terhadap paparan hoaks. Yang sialnya, mereka tidak memilah dan memilih, mana konten hoaks dan mana yang telah terverifikasi kebenarannya. Apa yang dirasa penting dan menarik (walau belum tentu kebenarannya), mereka lantas membagikannya di platform mereka,” ujarnya.

Sesi selanjutnya ialah diskusi bersama. Lima orang menanyakan perihal kegelisahannya terhadap berbagai hal yang dirasa penting untuk segera dicari tahu jawabannya. Ganjar pun menjawab seluruh kegelisahan itu dengan cukup jelas dan gamblang.

Kunjungan redaksi ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh staf OPPK kepada redaksi Suara Muhammadiyah. Lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (R Fauzi Fuadi/Achmad San)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar